menu

Minggu, 16 Maret 2014

Kerajinan Tangan dan Seni Rupa


Membatik Sederhana Guna Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa PGSD Sebagai Calon Guru SD



Seni batik merupakan salah satu kesenian khas Indonesia yang telah sejak berabad-abad lamanya hidup dan berkembang, sehingga merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah bangsa Indonesia. Batik merupakan lukisan di atas kain yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Batik terdiri dari setiap motif dan setiap motif memiliki makna tersendiri. Secara umum membatik merupakan sebuah teknik menahan warna dengan lilin malam secara berulang-ulang di atas kain. Lilin malam digunakan sebagai penahan untuk mencegah agar warna tidak menyerap ke dalam serat kain di bagian-bagian yang dikehendaki. Sedangkan batikan disebut hasil dari membatik. Pembatik adalah orang yang pekerjaannya membatik membuat kain batik. Sedangkan prosesnya disebut sebagai pembatikan.
Dewasa ini proses pembatikan masih dilestarikan di beberapa daerah di Indonesia. Namun yang patut kita sayangkan adalah penggunaan pakaian batik di kalangan masyarakat saat ini sudah semakin memudar. Terbukti bahwa, para generasi penerus bangsa saat ini lebih memilih untuk menggunakan pakaian yang berasal dari luar, bahkan sudah agak melenceng dari norma-norma yang berlaku. Memang tidak ada salahnya kita mengenal budaya luar dalam hal berpakaian namun apa salahnya jika kita lebih mengenal budaya kita sendiri khusunya dalam hal mengenakan pakaian batik. Jangan salahkan jika suatu sat nanti salah satu ciri khas bangsa Indonesia diambil lagi oleh negri tetangga. Belajar dari pengalaman-pengalaman terdahulu bahwa tari khas bali diambil oleh negri tetangga. Ini disebabkan oleh ketidakmampuan kita dalam hal menjaga dan melestarikan ciri khas/kebudayaan kita sendiri. Jadi melalui tulisan ini, saya mengajak saudara-saudara semua untuk lebih melestarikan tradisi kita yaitu membatik. Jika membatik dianggap susah untuk sebagian orang, namun kita cukup untuk mengenakan pakaian batik sudah mencerminkan jati diri sebagai masyarakat bangsa Indonesia.
Mungkin sebagaian orang beranggapan bahwa membatik itu susah. Memang benar membatik dalam selembar kain itu memerlukan bakat khusus. Namun kita tidak boleh menyerah dengan itu, kita bisa membatik di atas selembar kertas gambar A4. Saya sebagai mahasiswa PGSD sebagai calon guru SD nantinya mengajak kalian semua untuk membatik di atas selembar kertas gambar. Membatik di atas selembar kertas gambar tidak menggunakan alat seperti membatik diatasselembar kain. Namun membatik di atas selembar kertas gambar hanya membutuhkan beberapa alat yang mudah ditemukan, seperti crayon, cat air, kertas gambar, valet, kuas, dan lain-lain. Sebelum membatik, kita harus mengetahui apa yang akan kita gambar. Pertama-tama yang mesti kita lakukan adalah membuat sketsa dengan pensil. Hal ini dilakukan agar mudah memperbaiki bagian yang ingin diperbaiki sebelum menggunakan crayon. Jika sudah ahli dalam melukis bisa langsung melakukan crayon untuk membuat batik sederhana. Setelah selesai membuat sketsa batik menggunakan pensil, baru menggunakan crayon sesuai dengan sketsa yang sudah dibuat tadi. Penggunaan crayon dalam hal pewarnaan harus menggunakan warna yang lebih pekat atau agak ditebalkan dalam proses pembuatan bati dengan crayon. Hal ini bertejuan agar nantinya pada saat memberi latar pada batik menggunakan cat air, warna crayon tidak terlalu tenggelam. Setelah selesai menggunakan crayon, baru kita menyiapkan warna pada cat air yang diinginkan. Sebaiknya dalam proses pewarnaan dengan cat air, usahakan memilih warna yang kontras atau berbeda dengan batik yang sudah digambar dari crayon. Pada tahap pewarnaan menggunakan cat air, tahap ini adalah tahap akhir. Pembatikan dalam kertas gambar ini tidak perlu gambar yang terlalu ribet, namun cukup gambar yang sederhana saja.
Dengan kegiatan membatik sederhana ini, akan sangat membantu kita sebagai mahasiswa PGSD yang nantinya kita akan terjun ke dunia anak-anak yang masih sangat perlu ditanamkan nilai-nilai seni yang sederhana guna melestarikan kesenian dan kebudayaan bangsa Indonesia. Membatik sederhana ini juga melatih keterampilan mahasiswa dalam hal menggunakan media pembatikan di kertas gambar seperti, crayon, cat air, valet, kertas gambar, kuas, dan lain-lain. Selain mengajarkan keterampilan, membatik sederhana juga dapat memberikan contoh ataupun teladan bagi kita semua guna lebih melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia. 

oleh: Ketut Andi Prahasta _ NIM: 1211031024 _ KLS:A _ PGSD _ Smt_IV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar