menu

Kamis, 13 Maret 2014

Pendidikan Seni Rupa



Falling in Love
            Seni merupakan cipta, rasa dan karsa yang memiliki nilai keindahan. Seni juga dapat diartikan suatu imajinasi seseorang. Pengertian seni itu relatif tergantung dari sudut orang yang memandang. Setiap goresan yang dihasilkan itu memiliki makna tersendiri. Tipe orang menuangkan imajinasinya lewat lukisan itu berbeda-beda. Ada orang yang sekali gores sudah menumbuhkan inspirasi, namun ada juga orang yang membutuhkan kenyamanan, tempat yang relax, untuk menumbuhkan inspirasi tersebut. Anda bisa mengkategorikan diri anda sesuai dengan penjelasan tersebut. Setiap goresan itu memiliki makna dan setiap goresan dapat dikatakan seni. Jangankan goresan, sebuah titik-titik dapat menjadi suatu karya seni yang menakjubkan. Dalam kegiatan melukis itu tidak cukup hanya tahu bagaimana cara menggoreskan kuas di atas kanvas ataupun kertas gambar, tidak hanya tahu bagaimana caranya untuk menumbuhkan inspirasi, namun melukis itu membutuhkan yang namanya penjiwaan yang serius. Hasil lukisan yang dijiwai dengan sepenuh hati akan berbeda hasilnya dengan lukisan yang dihasilkan tanpa dijiwai. Sekalipun hanya lukisan titik-titik namun jika itu dijiwai, maka hasilnya dapat menarik batin seseorang untuk lebih mengenal lukisan itu.
            Dalam kegiatan melukis harus diperhatikan teknik pewarnaan yang baik dan benar. Pewarnaan yang sering digunakan dalam kegiatan melukis itu adalah mewarnai dengan cat air. Setiap pelukis memiliki karakter yang berbeda-beda dalam hal melukis. Ada pelukis yang senang lukisannya hanya diarsir saja dengan pensil, ada yang senang lukisannya diwarnai dengan warna yang tipis ada juga pelukis yang lukisannya diwarnai dengan warna yang pekat. Namun bagi pelukis awam seperti saya, teknik pewarnaan yang baik dan benar harus dikuasai dengan baik yaitu sebagai berikut. Pertama, dalam pewarnaan lukisan dengan cat air, warna harus dicampurkan ke dalam air tidak boleh terlalu pekat atau warna yang dituangkan tidak boleh terlalu banyak. Hal ini dimaksudkan agar lukisan mudah kering. Kedua, jika ingin menghasilkan dua warna sekaligus dalam lukisan anda, anda tidak usah repot-repot untuk mencampurkan warna yang satu dengan warna yang lainnya guna mendapatkan warna yang berbada. Anda dapat melakukannya dengan cara menggoreskan warna yang pertama terlebih dahulu, dan tunggu hingga kering. Jika sudah kering barulah anda bisa menggoreskan warna yang berbeda dari warna sebelumnya guna mendapatkan warna yang berbeda. Warna yang pertama tidak akan hilang meskipun sudah ditumpuk dengan warna yang berbeda.
            Setelah memahami seni itu apa dan bagaimana sifat dari cat air tersebut barulah kita mulai mencobanya. Ini merupakan kali pertamanya saya melukis. Pada waktu itu saya bingung mau menggoreskan kuas saya mulai dari mana dulu. Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, saya termasuk orang yang tidak bisa hanya sekali gores sudah menumbuhkan inspirasi, melainkan saya harus mendapatkan tempat yang relax dan tenang guna menumbuhkan inspirasi. Namun, karena pada saat itu sikon tidak memungkinkan saya untuk mencari tempat yang nyaman untuk menumbuhkan inspirasi, saya akhirnya mulai menggoreskan kuas saya di atas kertas gambar dengan bantuan teman saya yang sedang bernyanyi di depan kelas. Lukisan saya tidak sekali jadi, namun saya beberapa kali mengulang lukisan saya guna mendapatkan hasil yang paling maksimal. Lukisan saya ini mungkin tidak lebih bagus dari lukisan anak Sekolah Dasar, namun hanya sebatas itu kemampuan saya dalam melukis. Lukisan saya ini meceritakan sepesang kekasih yang sedang dimabuk asmara. Sepasang kekasih ini saling mencintai meskipun banyak perbedaan yang menjadi jurang penghalangnya. Perbedaan ini dapat dilihat dari warna latar lukisan yang berbeda-beda. Namun sepasang kekasih ini menganggap itu hanyalah sebagai warna-warni perjalanan cinta mereka. Mereka saling mengerti kekurangan yang dimiliki oleh pasangannya. Mereka beranggapan bahwa setiap kekurangan yang dimiliki oleh pasangannya merupakan kelebihan yang harus diisi oleh lawan pasangannya. Sekian penjelasan saya mulai dari seni, sifat cat air dan cerita tentang lukisan saya. Jika ada salah kata ataupun salah pengetikan saya mohon maaf. Saya harapkan kritik dari semua pihak guna memperbaiki tulisan saya maupun lukisan saya. Akhir kata saya ucapkan Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar