menu

Senin, 14 April 2014

Kerajinan tangan dan Seni rupa


Mozaik Swastika
 dengan Penggabungan Dua Bahan yang Berdeda
antara Kertas Warna dan Ketan Hitam


Teknik mozaik ini sudah lumrah diketahui oleh masyarakat banyak. Namun penamaan kata “mozaik” ini mungkin tidak banyak yang tahu, tapi prosesnya sudah banyak yang tahu. Menurut kamus bahasa Indonesia, mozaik adalah seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan kertas berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat (Depdikdas 2001,756). Dari definisi mozaik tersebut dapat diuraikan pengertiannya, yaitu pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan  material atau bahan dari kepingan – kepingan yang sengaja di buat dengan cara dipotong – potong atau sudah berbentuk potongan kemudian disusun dengan ditempelkan pada bidang datar dengan cara dilem. Pada kegiatan mozaik ini dapat dipergunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita seperti kertas warna, biji-bijian, potongan majalah yang sudah tidak dipakai, dan lain sebagainya. Potongan bahan-bahan ini dapat ditempelkan pada kertas gambar yang sudah dibuat sketsa terlebih dahulu. Mozaik pada umumnya masih dianggap seni lukis karna disanmping siftanya yang dua dimensi, masih dibantu dengan gambar pada proses pembuatan polanya walaupun bahannya digunakan kertas, daun, biji- bijian , kepingan kaca, pecahan keramik, dan lain-lain. Dalam kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas bagaimana cara menciptakan karya seni dengan teknik mozaik, kendala apa saja yang  dialami selama membuat karya seni dengan teknik mozaik dan apa manfaat dari membuat karya seni dengan teknik mozaik. Berikut akan saya paparkan satu-persatu.
1.      Cara menciptakan karya seni dengan teknik mozaik
Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan secara umum adalah sebagai berikut:
a)      Kertas gambar
b)      Kertas warna-warni
c)      Lem kertas
d)     Ketan hitam (jika menggunakannya)
Alat-alat:
a)      Pembolongan kertas/gunting
b)      Pensil dan penghapus
Dalam menciptakan karya seni dengan teknik mozaik, menurut saya susah-susah gampang. Berikut akan saya ceritakan bagaimana cara membuat karya seni dengan teknik mozaik berdasarkan pengalaman saya dari mata kuliah kerainan tangan dan seni rupa. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1)      Dalam menciptakan karya seni dengan teknik mozaik, yang pertama harus dipirkirkan adalah sketsa yang hendak dibuat. Meskipun mozaik ini lebih menekankan pada cara penempelan bahan yang baik, namun yang tidak bisa dilupakan dari kegiatan seni rupa adalah dalam hal membuat sketsa yang baik dan benar. Kita harus membuat sketsa yang baik, karena dengan hasil sketsa yang baik akan menumbuhkan semangat yang lebih dibandingkan membuat sketsa dengan asal-asalan.
2)      Setelah sketsa diselesaikan dengan baik, kemudian potonglah kertas (jika menggunakan kertas) dengan potongan sesuai kehendak. Namun, untuk lebih memudahkan pengerjaan potonglah kertas dengan pembolongan kertas yang sudah ada, ataupun juga bisa digunting-gunting.
3)      Dalam proses pembolongan kertas, yang pertama harus diperhatikan adalah pemilihan warna yang sesuai dan menarik untuk menghemat warna yang tidak diinginkan. Dalam hasil pembolongan kertas, harus dipisahkan antara warna yang berbeda guna memudahkan pekerjaan.
4)      Setelah semua kertas sudah dipotong sesuai keinginan, maka yang pertama harus ditempel adalah garis sketsa agar memperjelas pola sketsa yang sudah digambar
5)      Setelah garis pinggir sketsa sudah ditempel dengan kertas tempel, kemudian tempellah bagian dalam sketsa. Dalam penempelan kertas warna antara garis pinggir sketas dengan bagian dalam sketsa hendaknya menggunakan warna yang berbeda guna memperjelas yang mana garis sketsa dan bagian dalamnya.
6)      Dalam proses penempelan kertas pada sketsa gambar, yang harus diperhatikan adalah cara menempelnya. Caramenempel kertas yang sudah dipotong itu, harus ditempelkan secara merata dan hendaknya dihindari penumpukan penempelan potongan kertas. Hal ini dikarenakan agar gambar yang ditempeli potongan kertas dapat memperoleh suatu pola. Biarkan saja ada bagian yang tidak ditempel, hal ini akan memberikan keunikan tersendiri bagi gambar yang hendak anda buat ketimbang menumpukkan potongan kertas pada gambar.
7)      Setelah semua bagian gambar sudah ditempel dengan potongan kertas warna, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, dapat memberikan potongan kertas warna ataupun biji-bijian untuk menambah kesan seninya. Dalam mozaik yang saya buat, saya menggabungkan antara dua bahan yang berbeda, yaitu potongan kertas warna dan ketan hitam. Potongan kertas warna saya tempelkan pada gambar yang sudah saya buat, sedangkan ketan hitam saya tempelkan pada latar gambar. Hal ini akan membuat keunikan tersendiri bagi siapa pun yang meilahtnya. Saya juga menambahkan bingkai pada sisi-sisi kertas gambar dengan bekas kertas potongan yang menyerupai bingkai.
8)      Dalam teknik mozaik, hindari memberikan pewarnaan dengan cat warna
2.      Kendala yang dialami selama membuatkarya seni dengan teknik mozaik
Mungkin kendala yang dihadapi saat teknik mozaik adalah pertama penentuan sketas gambar yang harus diperhatikan dengan matang dan membutuhkan waktu yang agak lama. Kedua penentuan warna yang benar agar terciptanya kombinasi yang unik. Ketiga dalam hal penempelan potongan kertas warna mungkin orang-orang belum banyak yang mengetahui cara penempelan yang baik dan benar. Banyak orang yang beranggapan bahwa penempelan potongan kertas warna harus ditumpuk agar menutupi semua ruang dari gambar yang sudah dibuat. Namun, hal ini justru keliru, hal ini dapat menghapus pola yang akan tercipta. Dan yang paling menjadi kendala bagi sebagian orang adalah ketelitian dan kesabaran. Ketelitian dalam menempelkan potongan kertas warna harus diteliti dengan baik dan yang menjadi tingkat tersulit dari teknik mozaik ini adalah melatih kesabaran. Banyak orang yang mengulang karyanya hanya saja tidak sabar dalam menempel potongan kertas warna pada gambar. Hal ini juga terjadi dengan saya, saya mengulang karya seni saya hanya saja kurang teliti dan sabar.
3.      Manfaat dari membuat karya seni dengan teknik mozaik
Sebenarnya membuat karya seni dengan teknik mozaik ini dapat memberikan manfaat yang banyak bagi kita semua seperti:
1)      Menambah pengetahuan kita terhadap membuat karya seni dengan cara/teknik lain. Sebagian orang hanya mengenal dengan teknik pewarnaan dengan cat warna, namun belum banyak orang yang tahu bahwa pemberian warna dapat digunakan potongan kertas warna ataupun biji-bijian yang berwarna.
2)      Melatih keterampilan dalam mebuat karya seni yang bisa dikatakan “rumit”. Rumit disini dapat diartikan sebagai pemilihan warna dan penempelan warna. Namun, meskipun demikian, itu tidak menjadi penghambat kita dalam mencoba hal yang baru dan menciptakan karya seni dari yang sebelumnya
3)      Sebagai mahasiswa dapat menambah kreativitas untuk dituangkan lagi kepada anak didik nantinya. Mozaik ini dapat melatih sesorang untuk lebih kreatif, dan yang paling utama adalah untuk melatih kesabaran. Dan lain sebagainya.

Dalam pembuatan mozaik saya kali ini, saya mengangkat tema Swastika. Mozaik saya ini, menggabungkan dua bahan yang berbeda yaitu antara ketan hitam dan kertas wrna. Ketan hitam disini ditempelkan untuk mendapatkan latar gambar yang berbeda dari sebelumnya. Sedangkan, kertas warna saya tempelkan pada badan gambar untuk memberi aksen yang menarik dari gambar saya. Pada saat menempel kertas warna pada bagian badan gambar, saya menggunakan pembolongan kertas guna memudahkan saya untuk mendapatkan suatu pola. Sedangkan pada latar gambar, saya menggunakan ketan hitam yang ditempel satu persatu yang sejajar. Pada tahap ini memerlukan waktu yang  cukup lama dan memerlukan kesabaran yang ekstra penuh. Dari penjelasan saya kali ini dapat disimpulkan bahwa teknik mozaik bertumpu pada pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan  material atau bahan dari kepingan – kepingan yang sengaja di buat dengan cara dipotong – potong atau sudah berbentuk potongan kemudian disusun dengan ditempelkan pada bidang datar dengan cara dilem. Dalam pembuatan karya seni rupa dengan teknik mozaik ini yang pertama harus dilakukan adalah membuat sketsa, kedua memilih dan memotong kertas warna yang diinginkan, dan yang terakhir menempelkan potongan kertas warna tadi pada sketsa gambar yang sudah dibuat. Namun perlu diperhatikan pemilihan warna dan penempelan kertas warna yang baik dan benar agar mendapatkan suatu pola. Ada beberapa kendala dalam teknik mozaik ini adalah dibutuhkannya ketelitian dan kesabaran yang ekstra dari teknik mozaik ini. namun, dari kendala tersebut banyak manfaat yang dapat diperoleh dari teknik mozaik ini adalah menambah pengetahuan tentang pembuatan karya seni yang berbeda dan melatih kreativitas, keterampilan, bagi orang banyak. Sekian tulisan yang saya buat kali ini tentang Teknik Mozaik. Tulisan saya ini masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu saya harapkan kritik dan masukan dari semua pihak guna mewujudkan karya tulis yang lebih baik lagi kedepnannya. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Oleh: Ketut Andi Prahasta_1211031024_kls: A/IV_PGSD


Tidak ada komentar:

Posting Komentar